Banyak yang Belum Mengetahui, Fakta-fakta Menarik Petra Yordania yang Disebut Kota Batu

Banyak yang Belum Mengetahui, Fakta-fakta Menarik Petra Yordania yang Disebut Kota Batu

Banyak yang Belum Mengetahui, Fakta-fakta Menarik Petra Yordania yang Disebut Kota Batu

Banyak yang Belum Mengetahui, Fakta-fakta Menarik Petra Yordania yang Disebut Kota Batu

Pada saat berlibur ke kawasan Yordania, pastinya Sahabat Tour Yordania akan disuguhkan dengan pesona bangunan kuno yang menakjubkan. Hal ini karena bangunan kuno yang berada di Yordania berupa pahatan dinding-dinding batu. Oleh karena itulah, salah satu situs arkeologi di Yordania bernama Petra yang berarti batu. Bagi Sahabat Tour Yordania yang ingin berkunjung dan ingin mengetahui informasi seputar fakta-fakta menarik Petra Yordania, yuk simak informasi berikut ini.

1. Kota Kuno yang berada di bagian Teluk Aqaba dan laut mati

1.Kota Kuno yang berada di bagian Teluk Aqaba dan laut mati
1. Kota Kuno yang berada di bagian Teluk Aqaba dan laut mati

Fakta-fakta menarik petra Yordania yang pertama ialah kota kuno yang berada di bagian Teluk Aqaba dan Laut Mati. Diketahui bahwa kawasan ini cukup terpencil, akan tetapi memiliki pesona menawan hingga terdapat banyak pengunjung yang seringkali datang ke kawasan ini. Selain itu, Petra juga berada diatas ketinggian 806 mdpl hingga 1.306 mdpl. Pada saat berada di kawasan ini, tentunya Sahabat Tour Yordania akan mendapatkan kesan liburan yang amat istimewa.

2. Dinilai sebagai Kota yang ideal dari segi pengairan dan pertahanan

Perlu Sahabat Tour Yordania ketahui bahwasannya Petra hanya dapat dikunjungi melalui celah kecil yang ada di bagian pegunungan melalui sebuah kanyon yang diperkirakan panjangnya sekitar 1,5 km dan lebarnya hanya 2 m. Tahukah Sahabat Tour Yordania bahwa celah sempit tersebut dikenal dengan sebutan siq dan menjadikan Petra dianggap memiliki sistem pertahanan yang tergolong bagus saat itu. Paket tour Aqsa Jordan Mesir

Selain itu, sejarah menyatakan bahwasannya pada saat suku Nabatean telah berhasil mendirikan sebuah tunnel yang mampu menampung aliran air yang bertujuan untuk mencegah banjir di musim hujan, disaat itulah Petra juga dianggap memiliki sistem pengairan yang baik.

3. Pernah menjadi kawasan syuting The Transformer

Pernah menjadi kawasan syuting The Transformer
Pernah menjadi kawasan syuting The Transformer

Tahukah Sahabat Tour Yordania bahwa salah satu kawasan di Yordania pernah menjadi kawasan syuting the Transformer loh. Kawasan Yordania yang dijadikan syuting film tersebut merupakan Palace Tomb yang lekat akan bangunan tua berupa pahatan dari bebatuan yang amat menawan. Bangunan yang menjadi kawasan syuting ini ternyata bangunan kuno yang berisi makam para raja yang ditopang oleh 18 pilar. Wah, luar biasa ya!

4. Petra Pernah dijadikan jalur perdagangan di masa lalu

Tampaknya tak banyak yang tahu bahwasanya di kawasan Yordania pernah menjadi pusat perdagangan yang menghubungkan antara India, China, Mesir, Yunani, Suriah dan Roma di masa lampau. Diketahui bahwa kawasan ini pernah dikuasai oleh Romawi dan membuat terbengkalai dan bahkan tertimbun bencana alam kala itu. Tour Aqsa

5. Ikon Petra yang populer sebagai The Treasury

Ikon Petra yang populer sebagai The Treasury
Ikon Petra yang populer sebagai The Treasury

Sahabat Tour Yordania perlu mengetahui bahwasannya salah satu ikon petra yang amat populer ialah Treasury. Diketahui bahwa dalam bahasa Arab, arti The Treasury merupakan istilah Al – Khazneh. The Treasury ini menjadi salah satu hal populer di Yordania yang megah serta menakjubkan. Arsitektur yang terukir dalam bangunan ono amatlah menawan. Bukti kepopuleran The Treasury inilah menjadi salah satu scene terbaik di film Indiana Jones.

6. Petra memiliki ruang publik yang bisa menampung banyak orang

Perlu Sahabat Tour Yordania ketahui bahwa seperti kota pada umumnya, Yordania memiliki ruang publik yang mampu menampung hingga banyak orang. Di Yordania, Sahabat Tour Yordania akan menemukan ruang publik yang dapat menampung banyak orang seperti taman hingga teater yang dapat Sahabat Tour Yordania kunjungi.

Adanya ruang publik tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat rapat besar yang dapat menampung banyak orang. Terdapat satu hal yang unik dalam ruang publik di Yordania ini yakni pada umumnya tersusun atas bebatuan yang dipahat menyerupai lingkaran tribun berbentuk kursi yang luas dan besar. Wah, dijamin asik deh!

Inilah sekilas informasi seputar fakta menarik Yordania yang disebut kota batu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Sahabat Tour Yordania sekalian ya. Untuk informasi lebih lanjut seputar Tour Yordania, simak terus informasi di website ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *