Inilah Beberapa Tempat Wisata Dekat Masjid Al-aqsa

Inilah Beberapa Tempat Wisata Dekat Masjid Al-aqsa

Inilah Beberapa Tempat Wisata Dekat Masjid Al-aqsa
Inilah Beberapa Tempat Wisata Dekat Masjid Al-aqsa

Salah satu yang melatarbelakangi para wisatawan berkeinginan untuk berkunjung ke kawasan Al-aqsa ialah karena di Al-aqsa ini lekat dengan kisah sejarahnya yang masih terkenang hingga kini. Hal inilah yang membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke A -Aqsa. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa tak hanya bangunan bersejarah saja yang dapat dikunjungi di kawasan Al-aqsa ini. Akan tetapi, Sahabat Tour Aqsa dapat berkunjung ke beberapa tempat wisata lainnya yang terdapat di dekat Masjid Al-aqsa. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui informasi seputar tempat wisata dekat Masjid Al-aqsa, yuk simak informasi berikut ini. Tour Aqsa

Berikut beberapa Tempat wisata dekat Masjid Al-aqsa :

1. Dome of the Rock

Salah satu tempat wisata yang dekat dengan Masjid Al-aqsa adalah Dome of The Rock. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Dome of the Rock menjadi salah satu bangunan dengan seni arsitektur islam pertama dan tertua di kawasan Al-aqsa. Diketahui bahwa Dome of the Rock ini didirikan pada tahun 691 oleh Sultan Abdul Malik bin Marwan pada saat sebelum dikuasai oleh Umar bin Khattab.

Dome of the Rock
Dome of the Rock

Dome of the Rock memiliki model yang amat menarik yakni memiliki kubah yang dilapisi dengan emas dan diketahui bahwa ukurannya 20,30 meter dengan tinggi 20,48 meter. Kemudian pada bagian luar lingkaran kubahnya terdapat hiasan kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an serta seni-seni islam yang amat detail. Di dalam Dome of the Rock ini terdapat permukaan batu yang dipercaya oleh umat muslim sebagai batu pijakan Nabi Muhammad Saw untuk perjalanan ke langit dalam peristiwa Isra Miraj. Pada saat berkunjung ke Aqsa, Sahabat Tour Aqsa dapat berkunjung ke Dome of The Rock ini.

2. Tembok (Ratapan) Barat

Tembok (Ratapan) Barat
Tembok (Ratapan) Barat

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa tempat wisata yang dekat dengan Masjid Al-aqsa selanjutnya ialah Tembok Ratapan atau yang disebut juga dengan Tembok Barat. Tembok ini merupakan bangunan yang dianggap suci oleh umat Yahudi. Diketahui dinamakan tembok ratapan karena tembok ini dijadikan tempat meratap oleh banyak orang, terutama bagi umat Yahudi. Tour Aqsa Jordan Mesir

Diketahui bahwa kawasan tembok ratapan ini tak pernah sepi. Dari pagi hingga petang selalu ada umat yang datang untuk meratap dan berdoa. Tembok Ratapan ini dipuja oleh umat yahudi sebagai peninggalan yang terakhir dari Bait Allah yang terakhir dibangun.

3. Gunung Kuil

Gunung Kuil Al-aqsa
Gunung Kuil Al-aqsa

Gunung kuil merupakan salah satu tempat suci bagi umat Yahudi yang diakui sebagai situs dari dua kuil Yahudi pada masa lampau. Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa gunung kuil atau yang disebut juga dengan Temple Mount merupakan kompleks yang terletak di sebuah bukit di kawasan Yerusalem. Kompleks ini diketahui berisi struktur keagamaan seperti Tembok Ratapan, Kubah Batu serta Masjid Al-aqsa. Selain itu, bagi umat kristen juga mempercayai bahwa gunung kuil merupakan situs penting. Hal ini dikarenakan tempat tersebut merupakan tempat yang disebutkan para nabi dalam perjanjian lama.

4. Believeland Tours

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Believeland Tours merupakan jasa penyedia dan pemandu wisata. Diketahui bahwa believeland tours memiliki pemandu wisata yang telah profesional di bidangnya. Selain itu, di believeland tours ini Sahabat Tour Aqsa akan diperkenalkan dengan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi hingga restoran yang menyajikan cita rasa istimewa yang menjadi rekomendasi saat berkunjung kesana.

5. Kota Tua Yerusalem

Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa Kota Tua Yerusalem merupakan kota tua yang dikelilingi dengan tembok yang berada di dalam kawasan Yerusalem Timur. Diketahui bahwa distrik kota tua Yerusalem terbagi atas empat wilayah antara lain kampung islam, kampung kristen, kampung yahudi (warna biru) dan kampung Armenia (umat kristen juga).

Kota Tua Yerusalem ini juga dikenal dengan Baitul Maqdis atau Al-Quds. Di dalam sinilah terdapat banyak sekali situs-situs suci umat Muslim, Nasrani dan Yahudi. Diketahui bahwa di sudut tenggara kota tua Yerusalem terdapat Kompleks Al-Haram asy-Syarif yang di kawasan tersebut terdapat Kubah Shakhrah dan Masjid Al-aqsa serta di sudut masjid ini terdapat Tembok Ratapan.

6. Museum Islam

Museum islam menjadi salah satu tempat wisata yang dekat dengan Masjid Al-aqsa. Museum islam ini merupakan sebuah museum di Temple Mount di Kota Tua Yerusalem. Museum islam ini menyuguhkan pameran dari sepuluh periode sejarah islam yang meliputi beberapa wilayah Muslim. Diketahui bahwa letak museum ini bersebelahan dengan Masjid Al-aqsa di bagian barat.

Museum Islam diresmikan pada tahun 1341 H dan pada tahun 1348 H dipindahkan ke situsnya sekarang yang berada di bagian sudut barat Haram asy-Syarif. Perlu Sahabat Tour Aqsa pahami bahwa museum ini dikelola oleh Departemen Wakaf Islam di Yerusalem yang di bawah naungan Kementerian Wakaf Yordania, Urusan Islam dan Tempat-tempat suci.

7. Toko Suvenir Ali Baba

Tempat wisata di dekat Masjid Al-aqsa berikutnya ialah toko souvenir Ali Baba. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin membeli souvenir untuk oleh-oleh bagi saudara ataupun rekan di Tanah Air, Sahabat Tour Aqsa dapat membelinya disini. Sahabat Tour Aqsa dapat memilih beberapa macam souvenir yang dapat menjadi buah tangan di toko souvenir Ali Baba ini.

Demikianlah informasi seputar beberapa tempat wisata dekat Masjid Al-aqsa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk persiapan berlibur ke Aqsa dan dapat menambah wawasan Sahabat Tour Aqsa sekalian ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *