Simak Yuk, Karateristik dan Fakta Menarik Negara Mesir yang Wajib Traveler Ketahui

Simak Yuk, Karateristik dan Fakta Menarik Negara Mesir yang Wajib Traveler Ketahui

Simak Yuk, Karateristik dan Fakta Menarik Negara Mesir yang Wajib Traveler Ketahui

Simak Yuk, Karateristik dan Fakta Menarik Negara Mesir yang Wajib Traveler Ketahui
Simak Yuk, Karateristik dan Fakta Menarik Negara Mesir yang Wajib Traveler Ketahui

Simak yuk, karakteristik dan fakta menarik Negara Mesir yang wajib traveler ketahui sebelum berkunjung ke sana. Apalagi salah satu negara mayoritas Muslim ini memiliki cukup banyak pesona yang menjadi magnet wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Sejak zaman peradaban Mesir Kuno, masyarakatnya menggunakan Sungai Nill untuk berbagai aspek kehidupan. Sungai Nill juga membuat tanah di sekitarnya sangat subur sehingga menjadi salah satu negara maju di Benua Afrika.

Salah satu destinasi paket tour Aqsa adalah melihat secara langsung peninggalan peradaban kuno yang menjadi ciri khas negaranya. Selain itu, ada beberapa fakta menarik yang perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui sebelum datang ke sana.

Salah satunya adalah namanya yang berasal dari daftar tua Akkadia yaitu mi-is-ru, bersangkutan dengan misru/misirru/misaru. Makna nama itu sendiri adalah ‘perbatasan’ atau ‘kawasan pinggiran’.

Karakteristik Negara Mesir

Selain mengenal namanya, Sahabat Tour Aqsa juga perlu mengetahui karakteristik dari Negara Mesir sendiri. Oleh sebab itu, Simak yuk, karakteristik dan fakta menarik Negara Mesir yang wajib traveler ketahui.

Negara dengan ibu kota Kairo ini memiliki wilayah seluas 1.001.450 km persegi, mencangkup Semenanjung Sinai dari barat daya Asia dan Afrika bagian utara. Negaranya juga berbatasan dengan beberapa wilayah dan perairan lainnya.

Pada sisi utara berbatasan dengan Laut Tengah dan Jalur Mediterania, timur laut adalah Jalur Gaza serta Israel, sedangkan bagian timur merupakan Laut Merah. Pada sisi selatan berbatasan dengan Sudan, sedangkan sisi barat merupakan wilayah Libya.

Secara astronomis, negara ini berada pada garis lintang 22° – 32° LU sementara garis bujur 25° – 35° BB sehingga memiliki iklim fanatik dan gersang. Hal inilah yang membuat Sungai Nill memiliki peran sangat penting pada berbagai kegiatan masyarakatnya.

Gurun Sahara dan Libya juga termasuk dalam wilayah Negara Mesir. Keduanya dikenal dengan sebutan Tanah Merah yang melindungi Kerajaan Firaun dari ancaman barat ketika Zaman peradaban Kuno terdahulu.

Dalam hal geopolitik, salah satu negara maju di Afrika ini juga sangat penting untuk perbatasan Asia-Afrika. Perbatasan tersebut menghubungkan antara Asia dan Afrika, juga Laut Mediterania dengan Samudra Hindia yang melewati Laut Merah.

Terdapat beberapa kota urgen di negara tersebut, termasuk Kairo yang menjadi ibu kota dan memiliki luas terbesar. Selain itu ada Alexandria atau Iskandariyah yang menjadi terbesar kedua, juga Aswan, Asyut, Giza, El-Mahalla el-Kubra, dan lainnya.

Penduduk Negara Mesir

Dengan harga tour Aqsa yang ditawarkan, Sahabat Tour Aqsa akan melihat secara langsung bahwa sebagian besar penduduk Mesir tinggal tidak jauh dari Sungai Nill. Beberapa kota utama adalah Kairo dan Iskandariyah di sepanjang Delta Nil serta dekat Teusan Suez.

Sebagian besar penduduk Mesir merupakan homogen dari Mediterania (Yunani dan Romawi), Arab di bagian utara, juga penduduk pribumi hitam di selatan. Pendapat lainnya, orang Mesir merupakan campuran Afrika Timur dan Asia yang pindah ke Lembah Nil setelah zaman es.

Sejak peradaban kuno hingga saat ini, penduduknya menggunakan bahasa dari rumpun Afro-Asia yang berasal dari wilayah Ethiopia di Tanduk Afrika. Sebelumnya penduduk di sana menggunakan bahasa Mesir dengan tulisan Hieroglif.

Bahasa Mesir selanjutnya berkembang menjadi bahasa Demotik (600 SM) dan juga bahasa Koptik (200 SM). Meski demikian, kedua bahasa itu sudah tidak dituturkan dan mati pada abad ke-17 M.

Setelah itu, muncul bahasa Arab dan mendominasi seiring dengan tersebarnya agama Islam pada abad ke-7. Sebagai bekas jajahan Britania Raya, bahasa Inggris juga dipakai sebagai bahasa kedua dan sering digunakan dalam bidang ekonomi maupun masyarakat terpelajar.

Kondisi Ekonomi Masyarakat Mesir

Biaya tour Aqsa memang cukup besar, namun Sahabat Tour Aqsa dapat melihat secara langsung salah satu negara maju di Afrika ini. Hal tersebut didukung dengan perekonomiannya yang mengandalkan beberapa sektor termasuk pariwisata.

Pendapatan per kapita Mesir mencapai hingga US$12.100 setiap tahunnya. Sektor pertanian menjadi tumpuan utama penghasilan negara. Ada cukup banyak hasil tani, beberapa di antaranya kurma dan kapas yang diekspor seluruh dunia.

Sumber daya lain yang diunggulkan Mesir adalah dalam sektor pertambangan. Beberapa hasil tambangnya seperti bijih besi, seng, mangan, asbes, timbal, gipsum, dan lainnya. selain itu ada minyak bumi, gas alam, fosfat, dan batu kapur dengan nilai jual tinggi.

Fakta-fakta Menarik Negara Mesir

Paket Tour Aqsa menawarkan beberapa destinasi menarik serta mengetahui secara langsung fakta-fakta Negara Mesir. Berikut adalah beberapa fakta menarik yang harus diketahui Sahabat Tour Aqsa sebelum berkunjung ke sana.

  1. Dominasi Bangsa Arab

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahasa Arab menjadi dominasi dan bahkan menggantikan bahasa Mesir sebagai sarana wacana lisan. Pada saat itu, Mesir sudah menjadi bagian dari dunia Islam.

Meskipun negaranya diperintah oleh elit asing dari Arab, Kurdi, Sirkasia, maupun Turki, namun lingkungan budaya tetap didominasi oleh Arab. Mesir juga menjadi pusat inteletual dan budaya dunia Arab maupun Islam.

  1. Pusat Perdagangan

Mesir berada di wilayah strategis sehingga menjadikannya pusar jalur perdagangan antara Afrika, Asia, da juga Eropa. Keunggulan wilayahnya semakin meningkat pada 1869 sejak dibukanya Terusan Suez yang menghubungkan Laut Mediterania dengan Laut Merah.

Prancis dan Inggris merupakan pemegang saham utama dalam menjaga Terusan Suez karena alasan strategis serta komersial. Inggris menjajah Mesir pada 1882 dan memberikan pengaruh kuat termasuk dalam perdagangan hingga Perang Dunia II (1939-1945)

Dengan harga tour Aqsa yang telah ditentukan, Sahabat Tour Aqsa akan diajak menikmati Terusan Suez ini. Sahabat Tour Aqsa juga akan melintasi terowongan Ahmad Hamdi dan melanjutkan perjalanan ke Sharm el Syeikh dengan keindahan pantai maupun gurunnya.

  1. Pertanian

Seperti telah Sahabat Tour Aqsa ketahui, Sungai Nill membuat tanah di tepian sungainya menjadi sangat subur. Tidak mengherankan jika pertanian menjadi salah satu sumber perekonomian utama di sana.

Pada abad ke-7, beberapa desa di Al-Fayyum memelihara domba, kambing, dan juga babi. Selain itu, penduduknya juga membudidayakan pertanian seperti gandum emmer, kapas, barley, juga rami yang ditenun untuk dijadikan linen.

  1. Kuliner Khas

Dengan biaya tour Aqsa yang perlu dipersiapkan, Sahabat Tour Aqsa juga dapat merasakan kuliner khas Mesir. Ada beberapa kuliner khas wajib dicicipi ketika berkunjung ke sana, salah satunya hidangan nasional terkenal disebut Ful Medames.

Ful Medames sendiri merupakan hidangan dari potongan telur dan sayur-sayuran. Makanan ini juga umum ada di beberapa negara Timur Tegah seperti Lebanon, Palestina, Suriah, Yordania, Yaman, dan juga Arab Saudi.

  1. Wisata

Ada cukup banyak destinasi wisata di Mesir yang menarik wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung. Berbagai peninggalan arsitektur seperti Piramida juga menjadi ciri khas yang sayang dilewatkan saat berkunjung ke sana.

Jika Sahabat Tour Aqsa ingin melihat berbagai destinasi menarik di Mesir, maka bisa langsung mendaftar paket di Tour Aqsa by Satutours. Kami memberikan fasilitas lengkap untuk peserta serta menawarkan destinasi menarik di Aqsa, Jordan, Mesir.

Mesir merupakan salah satu negara Islam yang maju di Benua Afrika dengan daya tarik wisata khasnya. Dengan mengikuti paket tour Aqsa, maka akan lebih mudah menikmati berbagai destinasi wisata menarik yang ada di Mesir. tour aqsa jordan mesir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *