Mengenal Jejak 6 Kisah Nabi dari Palestina

Mengenal Jejak 6 Kisah Nabi dari Palestina

Mengenal Jejak 6 Kisah Nabi dari Palestina

Mengenal Jejak 6 Kisah Nabi dari Palestina
Mengenal Jejak 6 Kisah Nabi dari Palestina

Palestina merupakan salah satu negara dengan sejarah yang kisahnya dikenang sepanjang masa. Karena di negara Palestina inilah terjadi peristiwa-peristiwa penting yang bersejarah dan bahkan kisahnya terkutip di firman Allah Swt dalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, Palestina termasuk negeri yang diberkahi oleh Allah dan disebut sebagai negeri Anbiya karena disinilah tempat napak tilas beberapa nabi. Bagi yang ingin mengenal jejak 6 kisah Nabi dari Palestina, yuk simak informasi berikut ini. Tour Aqsa

1. Nabi Daud

Nabi Daud merupakan salah satu Nabi yang pernah menjadi pemimpin di Palestina selama 40 tahun yakni 7 tahun di Hebron dan 33 tahun berikutnya di Al-Quds. Saat itu, Nabi Daud memimpin Bani Israil di Palestina hingga pada masa kejayaan dan diketahui Nabi Daud inilah yang berhasil mengalahkan Raja Thalut. Ketika masa pemerintahannya, Nabi Daud berdakwah tauhid ke penjuru negeri Palestina hingga mendapat sebutan tanah yang diberkahi.

Selain itu, Nabi Daud pun menyampaikan pesan dalam kitab Zabur, sehingga terciptanya kedamaian, keadilan, kebijaksanaan dan kejujuran. Nabi Daud berpulang ke rahmatullah pada tahun 963 SM dan dimakamkan di Bukit Zion, Yerusalem. Makam Nabi Daud disebut juga al – Nabi Daud yang di klaim oleh umat Yahudi sebagai tempat sucinya.

2. Nabi Sulaiman

Palestina

Perlu diketahui bahwa Nabi Sulaiman merupakan anak bungsu dari Nabi Daud yang lahir di Palestina. Hal yang membuat Nabi Sulaiman istimewa ialah Allah memberi mukjizat kepada Nabi Sulaiman berupa kemampuan berkomunikasi dengan hewan dan jin. Nabi Sulaiman menggunakan kemampuannya berkomunikasinya tersebut dengan jin pada saat perbaikan Masjidil Aqsa. Selepas Nabi Daud wafat, Nabi Sulaiman menjadi pemimpin di Palestina selama 40 tahun.

Pada masa pemerintahannya, Bani Israil dan Palestina mengalami kemakmuran serta kemajuan infrastruktur. Hal ini dikarenakan pada masa pemerintahan Nabi Daud telah maksimal dalam bekerja, sehingga pada masa pemerintahan Nabi Sulaiman tak menemukan masalah politis. Perihal kisah kejayaan Nabi Sulaiman tersirat dalam Al-Qur’an di surat An-Naml ayat 17 dan 37 dan surat Al-A’raf ayat 27.

3. Nabi Yakub

Nabi Yakub merupakan anak dari Nabi Ishaq yang lahir di Palestina. Karena Nabi Yakub merupakan utusan Allah Swt, maka Nabi Yakub berdakwah dengan menyampaikan pesan tauhid untuk rajin melakukan sedekah dan juga berdoa. Hingga pada akhir hayatnya, Nabi Yakub dimakamkan di Hebrin letaknya di Tepi Barat di dalam Masjid Ibrahimi.

4. Nabi Yusuf

Nabi Yusuf menjadi salah satu Nabi yang lahir di Palestina dan kisahnya diabadikan di dalam Al-Qur’an pada surat khusus yakni Surat Yusuf. Nabi Yusuf merupakan putra kesayangan Nabi Yakub yang memiliki paras rupawan hingga membuat saudaranya timbul rasa iri dan dengki. Karena timbulnya rasa iri tersebut, saudara laki-laki Nabi Yusuf melemparkan Nabi Yusuf ke dalam sumur yang kini dikenal dengan Jub Yussef.

Diketahui bahwa sumur tersebut terletak di Galilea yakni sebuah daerah yang luas dan terkenal dengan danau air tawar terbesar yang ada di Palestina sebelum wilayah tersebut dikuasai oleh israel. Saudara Nabi Yusuf membuat alasan untuk Nabi Yakub bahwasannya Nabi Yusuf terbunuh karena diterkam oleh serigala. Namun kala itu, Nabi Yusuf yakin bahwa pertolongan Allah pasti datang dan benar saja pada akhirnya Nabi Yusuf mendapat pertolongan dan selamat dari sumur tersebut.

Selain itu, kisah Nabi Yusuf lainnya ialah juga dikenal ahli dalam menafsirkan mimpi raja Mesir yang prediksinya akan mengalami paceklik panjang. Inilah yang membuat Nabi Yusuf dikenal sebagai seseorang yang cerdas hingga membuat Nabi Yusuf menjabat sebagai Perdana Menteri atau Raja Muda. Diketahui bahwa Nabi Yusuf dimakamkan tak jauh dari makam Nabi Yakub yakni di Masjid Ibrahimi.

5. Nabi Musa

Nabi Musa merupakan nabi yang mendapat perintah dari Allah Swt untuk memimpin Bani Israil demi terbebas dari perbudakan yang terjadi di Mesir. Kemudian, Nabi Musa berhasil menyelamatkan Bani israil dengan mukjizat dari Allah berupa tongkat yang kala itu dapat membelah lautan disaat pasukan Firaun mengejar Nabi Musa. Kemudian, Allah menjanjikan bahwa sebagian wilayah palestina diperuntukkan bagi Bani Israil supaya tak merasakan kejamnya kepemimpinan Firaun.

Namun ternyata Bani Israil ingkar janji yakni berkeinginan untuk menguasai seluruh wilayah Palestina dan mengancam bahwa jika tidak diizinkan maka enggan berpindah ke sana. Dan setelah Nabi Musa wafat, Nabi Musa dimakamkan di kawasan selatan Jericho tepatnya di Tepi Barat Palestina.

6. Nabi Ibrahim

Pastinya umat muslim mengetahui bahwa Nabi Ibrahim dikenal dengan sebutan Bapak dari para Nabi. Perlu diketahui bahwa kecerdasan serta rasa ingin tahu yang dimiliki Nabi Ibrahim membuatnya mendalami ilmu Tauhid dan mengajak orang lain untuk menyembah Allah Swt dengan pendasaran keimanan yang kuat. Karena kepintaran serta kecerdasannya dalam membuktikan segala kuasa Allah yang ada di muka bumi ini membuat Raja Namrud murka, karena itulah Raja Namrud kala itu membakar Nabi Ibrahim secara hidup-hidup. Tour Aqsa Jordan mesir

Saat api menyala, Raja Namrud beserta para pengikutnya amat puas melihat aksi pembakaran tersebut. Lalu, kobaran api tersebut padam dan sontak semua terkejut melihat Nabi Ibrahim berhasil keluar dan selamat dari kobaran api yang membakarnya. Bermula dari peristiwa inilah pengikut Raja Namrud menjadi umat Nabi Ibrahim. Ketika Nabi Ibrahim wafat, Nabi Ibrahim dimakamkan di Masjid Al-Khalili, Kota Hebron.

Demikianlah sekilas informasi seputar jejak 6 kisah Nabi dari Palestina. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan kalian ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *